Travelpolitan.com

Pusat Budaya Betawi di Setu Babakan

Lama tinggal di Jakarta, entah untuk tujuan bekerja, belajar atau bahkan sudah menjadi warga tetap Ibu Kota Jakarta, tetapi hanya mengenal Ibu Kota sebagai pusat kota Administrasi Negara, atau sebagai kota pusat bisnis, politik dan belanja. Ada baiknya kita mengenal Ibu Kota Jakarta lebih dekat lagi.

Kita bisa melihat sisi lain dari hiruk pikuk dan kerasnya Ibu Kota dan melihat cantik dan ramahnya masyarakat Betawi serta sejarah panjangnya dari masa ke masa hingga sekarang ini menjadi Ibu Kota Negara Indonesia dan menjadi kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Lalu, dimana kita bisa mengenal lebih jauh tentang budaya Betawi sebagai akar budaya Ibu Kota Jakarta? Di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan kita bisa mendapat informasi lengkap sambil berwisata. 

Perkampungan budaya Betawi adalah tempat wisata alternative dan edukatif yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Ibu Kota Jakarta bagi warga Jakarta atau pengunjung lainnya yang tertarik melihat Jakarta lebih dekat. Satu pilihan wisata bagi warga Jakarta yang bosan dengan wisata Mall, café, pusat belanja atau tempat bermain mahal lainnya.

Di Setu Babakan, kita bukan hanya disuguhkan tempat wisata yang nyaman dan ramah, namun juga kita akan wisata menyenangkan dengan biaya yang sangat terjangkau. Dan di Setu Babakan pengunjung dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan kebudayaan Betawi baik secara fisik maupun non fisik. Selain wisata air, di Setu Babakan juga ada wisata budaya, wisata kuliner dan museum.

Wisata budaya

Didalam perkampungan Betawi ini rutin mengadakan pagelaran musik, tari dan teater tradisional yang biasa disebut dengan lenong yang diadakan di arena teater terbuka yang cukup luas, pada waktu waktu tertentu. Pihak pengelola juga mengadakan latihan menari dan silat bagi remaja yang berminat. 

Di perkampungan Betawi juga ada pulau C ditengan tengah Setu Babakan yang di atasnya di bangun replika kampung Betawi tempo dulu yang terbagi menjadi tiga bagian:  Betawi pesisir, Betawi tengah dan Betawi pinggir yang memiliki karakter dan ciri khas masing masing. Rumah sebagai tempat tinggal ditata sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan serasi dan harmonis dengan mendukung kelestarian lingkungan. 

Wisata air dan kuliner

Setu Babakan memiliki dua Setu : Setu Babakan dan Setu Manga Bolong, hal ini menjadikan Setu Babakan menjadi tempat wisata yang nyaman dan asri. Ada sepeda air, olah raga kano dan wisata memancing. Untuk kedepannya, pengelola sedang mengembangkan peningkatan fasilitas wisata air ini yaitu sedang mengadakan perahu kecil juga getek. 

Dan di tepian sepanjang Setu, kita disajikan begitu banyak makanan dan jajanan khas Betawi, dengan menikmati makanan langsung di tepi Setu, baik dengan menggunakan bangku atau kursi, ada juga yang lesehan. Berbagai macam makanan Betawi ditawarkan dengan harga yang bersahabat. Seperti kerak telor, laksa, gado gado, selendang mayang, bir peletok dan masih banyak yang lainnya. 

Museum 

Sebagai pusat budaya, maka sudah seharusnya dalam perkampungan budaya Betawi di bangun pula museum sebagai fasilitas kepada para pengunjung untuk lebih mengenal budaya dan masyarakat Betawi lebih dekat. Betawi dari A sampe Z sepertinya telah tersaji disini. Mulai dari seni tradisi, kuliner hingga adat istiadat diabadikan disini. 

Museum ini terdiri dari dua lantai. Pengunjung bisa melihat lihat beberapa benda benda tempo dulu maupun replika benda yang perbah dipakai oleh masyarakat Betawi. Ada juga lukisan benda antic, hasil kerajinan, seperti alat musik, perabot rumah tangga, alat transportasi,  lukisan tokoh dan aktor Betawi zaman dulu. 

Lokasi. 

Kampung budaya Betawi Setu Babakan berlokasi di Jalan Moj Kahfi II kelurahan Srengseng Sawah kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Cukup mudah untuk bisa mencapai kesana karena sudah ada angkutan umum antara lain angkot D02, Jak44, Jak 45 dan Jak47.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket, masih gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parker kendaraan. Roda sebesar Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 5.000. untuk menaiki wahana yang ada disana, harga cukup terjangkau, kisaran Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000.