Travelpolitan.com

Persiapan Belagak Gilak di Timur Tengah

Dua perempuan.
Dua koper kecil.
Dua backpack.
Dua Minggu.

​Ke Middle East. Itinerary Jordania – Jerussalem – Jordania – Mesir. Udah gila.

Trip ke ME ini sebenernya tercetus waktu abis ikutan Kelas Inspirasi tahun 2013 lalu. Tiba-tiba ketemu lah sama temen yang sama edan-nya untuk mau ke Masjidil Aqsa. Dari khayalan babu, kita mulai ngerencanain waktu dan itinerary. Ya abis kan kapan lagi nemu yang sama nekatnya buat begini ya? Hajar lah sudah. Lagian udah lama banget nggak pergi liburan. 


The past few years have been hard, so I guess it’ll be alright to reward myself with an epic adventure. 

Ga boong, beneran EPIC. Ke-EPIC-an ini dimulai dari stage preparation. 

Jerusalem. PHOTO: NewYorkTimes

Sehari.. aslik sehari setelah buking tiket ke Jakarta dari Mesir, pecah demo di Tahrir square. TERUS NASIB KITA GIMANA?!?!?! *mewek* . Yaudah, jadilah kita extra rajin memantau perkembangan berita sebelum finalisasi trip dari Jordan ke Mesir. Aslik, senewen juga loh, secara udah kluar duitnya, kan agak ragu2 yak. Tapi yang bikin kita optimis, waktu berangkat masih aga lama, banyak hal yang bisa kejadian di sana. 

Seiring berjalannya waktu, dan setelah ngumpulin info sana sini, termasuk dari teman-teman yang udah jalan duluan, akhirnya kita punya rencana yang firm buat berangkat. Ternyata situasi di Mesir aman terkendali, nggak separah yang diberitain di media. Alhamdulillah.

Itinerary kita:
Jakarta – Kuala Lumpur     Ganti pesawat
Kuala Lumpur – Amman    Sampai Amman, langsung ke border Jerussalem
Amman – Jerussalem        Keliling Jerussalem, Palestina, Jericho, etc
Jerussalem – Amman        Keliling situs, termasuk laut mati, Petra
Amman – Cairo                  Giza, Memphis, Alexandria, Luxor
Cairo – Jakarta                   Balik pulang

Mulai dari sebulan sebelum keberangkatan, kita mulai nyicil .. nyicil beli dollar, beli keperluan yang belum ada/obsolete, dan lain-lain. Berhubung perginya agak lama (30 April – 17 Mei), untuk minimalisasi resiko, kita selalu beli travel insurance. 

Oh, buat yang bertanya-tanya perkara visa, untuk Jerussalem, kita pake tour Nasrani atas rekomendasi temen, dimana pelayanannya termasuk ngurusin visa. Visa masuk Jerussalem ini nggak ada tempelannya di paspor kita, bentuknya hanya email, yang nge-link langsung sama sistem nya mereka di border. Naini.. visa Jerussalem, kita baru dapet sehari sebelom berangkat, atau siang sebelum malemnya berangkat gitu deh.. hahahahah!!! Mepet seada-adanya!! (sekarang pas cerita bisa ngakak2, coba pas sebelom brangkat kmaren, gile banget senewennya ampe tiap hari nanyain). Kalau Jordania, visa-nya on arrival, langsung beli di loket bandara, kalo nggak salah $25 buat sekian hari (pastinya lebih dari 2 minggu, mungkin sebulan). Sementara untuk ke Mesir visanya bisa diurus upon arrival, sangat disarankan untuk ngurus dari sini ajah. Kenapa? Nanti akan terjawab di Chapter Egypt yaaakk.. harap sabar hehehehe. 

Apalagi yah… hmm pakaian. Bwegh, secara kita berdua krudungan, jadilah kita puter otak gimana caranya baju buat 2(dua) minggu muat dalam 1 koper 25 kg. Bukan apa-apa, udahlah perkakasnya dari ujung kepala ampe ujung kaki, ditambah musti bawa outer panjang2 biar aman kalo ke mesjid-mesjid. Solusinya adalah BAWA DETERJEN! Hahahah akhirnya kita dengan rinci perhitungkanm dimana kita bisa nyuci baju supaya supply baju kotor terjaga. Daleman udah diakalin dengan yang disposable. Yes, manfaatin teknologi apapun yang bisa meringankan beban pikiran. Tak disangka tak dinyana, Robinson Ramayana, kita sakseus pergi pake koper secumit itu, mwahahahahak!!! . 

Basis kita waktu milih tour operator mana yang beruntung kita temani, diambil dari Tripadvisor. Setelah bacain review ampe agak jereng cenderung yaudahlah… terpilihlah tiga ini. Eh kecuali yang Jerussalem denk, itu kita dapet dari rekomendasi temen. Makasiy loooh Mas Ahmad Fuadi buat rekomendasinya 🙂
1. Ahalan Tour – untuk tour di Jerussalem. Sebenernya ini adalah tour Nasrani, tapi juga mengakomodasi tour untuk muslim.  
2. Jordan Select – untuk di Jordania. A bit pricey, tapi servisnya premium banget. Kita hepi dan rekomen Jordan Select buat yang mau explore Jordania 
3. Golden Egypt – Tour di Mesir. Ini juga oke, kita dapet banyak perks, in case nggak sempet cari souvenir, jangan takut. Udah sepaket dapetnya. Penjelasan guide nya juga oke, dia masih muda, jadi lebih enak ngobrolnya.

Okee semua siap, mari meluncuuuuurrr!!!! 
(bersambung) 

Leave a Reply