Travelpolitan.com

Ingin Explore ke Aceh, Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Ini!

Siapa yang tak mengenal Aceh? Sejarah mengenai Aceh memang tidak terlepas dari sejarah negara ini terbentuk mulai dari pahlawan-pahlawan yang berasal dari daerah ini sebut saja Cut Nyak Dien, Cik Di Tiro, Teuku Umar, serta sumbangsih rakyat Aceh dalam usaha kemerdekaan Indonesia.

Provinsi yang terletak di bagian paling barat Indonesia ini merupakan daerah otonomi khusus dimana pemerintahnya mempunyai kewenangan khusus untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan masyarakatnya setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, salah satunya dengan menegakkan syariah Islam di provinsi tersebut.

Jika kamu hendak pergi kesana entah karena ada keperluan dinas maupun penasaran seperti apa tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, tim Travelpolitan sudah menyiapkan 10 destinasi wisata yang ada di Aceh untuk dijadikan rekomendasi.

1. Masjid Agung Baiturrahman

Masjid Baiturrahman di sore hari, Banda Aceh. Sumber [Image]

Masjid ini menjadi ikon kota Banda Aceh dari ratusan tahun yang lalu, menurut cerita masjid ini didirikan pada tahun 1292 M oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah, tetapi ada sumber lain yang menyebutkan masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612.

Masjid ini pernah dibumi hanguskan oleh Belanda pada saat serangan ke Koetaradja pada 10 April 1873. Pada perjalanannya masjid ini menyaksikan berbagai peristiwa hingga saat terjadi tsunami 2004 bangunan masjid ini tetap berdiri kokoh sedangkan bangunan sekitarnya mengalami luluh lantah akibat gempa besar disusul oleh tsunami.

Sampai saat ini Masjid Raya Baiturrahan menjadi pusat pengembangan aktivitas keislaman bagi masyarakat Banda Aceh.

2. Pantai Lampuuk

Pasir putih di Pantai Lampuuk, Aceh. Sumber [Image]

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan pepohonan pinus yang rindang membuatnya menjadi destinasi utama pantai di Aceh Besar sebelum terjadinya tsunami tahun 2004 lalu. Pantai ini berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Banda Aceh yang saat tsunami terjadi mengalami kerusakan yang parah.

Posisi pantai memanjang dari utara ke selatan dan di ujung pantai terdapat tebing karang. Tebing karang ini biasanya digunakan untuk pemanjatan para pecinta alam. Pantai ini juga dijadikan sebagai sarana berselancar dikarenakan ombak pantai ini tergolong besar sehingga cocok untuk surfing.

3. Air Terjun Blang Kolam

Kesegaran yang terdapat di Air Terjun Blang Kolam, Aceh. Sumber [Image]

Air terjun ini memiliki tinggi 75 meter dan berasa di antara rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang cukup lebat, yang menjadikannya tampak indah, asri dan alami. Untuk mencapai air terjun ini para pengunjung harus menuruni 99 anak tangga.

Fasilitas yang disediakan cukup memadai seperti mushola, toilet dan penjual makanan juga tersedia.
Lokasi air terjun ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupate Aceh Utara.

4. Pantai Lhoknga

Jika kamu mencintai aktifitas surfing, mengunjungi pantai ini adalah wajib. Pantai ini terletak di Kecamatan Lhoknga tepatnya di daerah belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas, kurang lebih 22 kilometer dari Banda Aceh.

Selain surfing, kamu juga bisa bermain Golf dan memancing. Khusus untuk berselancar ombak pantai ini termasuk besar dan garang, namanya cukup dikenal para komunitas selancar dalam dan luar negeri.

Jika sunset tiba, tempat ini lebih indah dan hamparan laut terlihat lebih tenang dan damai, cocok buat yang sedang jatuh hati bersama pasangannya sebagai alternatif mencari tempat yang romantis.

5. Pulau Rubiah

Keindahan alam bawah laut Pulau Rubiah, Aceh. Sumber [Image]

Sempatkan diri kamu untuk melihat dunia bawah laut Pulau Rubiah yang indah dan tak kalah dengan cantiknya dunia bawah laut di Raja Ampat maupun Bunaken. Di sini, para penduduk awal bawah laut siap menyihir mata para pengunjungnya.

Pulau ini terletak dalam lingkup Pulau We. Untuk menuju kesana dibutuhkan 20 menit perjalanan naik perahu. Dari Banda Aceh kamu harus menaiki ferry atau speed boat menuju Pulau We, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Rubiah ini.

Kamu bisa melakukan penyelaman langsung maupun menggunakan kapal yang dibawahnya ada lantai kaca.

6. Danau Laut Tawar

Keindahan Danau Laut Tawar. Sumber [Image]

Danau ini terletak di Aceh Tengah, tepatnya di Takengon di dataran tinggi Gayo. Yang menarik dari dalau ini terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan, mempunyai dataran sendiri dan ada perairan, satu paket menyajikan Danau Laut Tawar ini keindahan alami yang menawan.

Di sekitar danau ini kita bisa menyaksikan aktivitas harian masyarakat sekitar dataran tinggi Gayo mulai dari bercocok tanam, memancing, berkebun atau berburu hama perkebunan.

Selain mencoba spot cantik untuk berfoto dengan background danau cantik ini, pengunjung juga bisa menginap di tepi danau, merasakan nikmatnya kuliner di tepian danau serta menyeruput kopi terkenal yang berasal dari Gayo itu.

7. Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dhien, Aceh. Sumber [Image]

Untuk mengenang salah satu Pahlawan Nasional kita yang berasal dari Aceh, ada baiknya kita sempatkan mengunjungi rumah beliau sebagai bagian dari wisata sejarah. Rumah ini terletak di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh, cukup 15 menit perjalanan dari pusat Kota Banda Aceh.

Rumah ini sebenarnya adalah replika yang dibangun kembali oleh Depdikbud dan diresmikan pada tahun 1987 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu. Rumah dengan bentuk khas adat ini berukuran 25×17 meter ini memiliki 65 pilar kayu.

8. Pantai Iboih

Pantai Iboih di Pulau Sabang. Sumber [Image]

Pantai ini terletak di seberang tepi barat Pulau Weh menghadap langsung ke Samudra Hindia, sebuah pulau di ujung propinsi terbarat Indonesia ini. Pantai ini masih  terasa alami dengan air laut yang jernih dan dangkal membuat biru laut berwarna biru muda di hamparan pasir putih yang lembut.

Pantai yang jernih bagus untuk melakukan snorkeling, selain itu kita juga bisa menjelajahi kontur berbukit dan terdapat pula hutan hijau.

9. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh dilihat dari atas. Sumber [image]

Tentu kamu masih ingat peristiwa bencana alam paling menyeramkan yang pernah terjadi di provinsi Aceh ini, yaitu Tsunami pada 26 Desember 2004 lalu. Gempa besar disusul gulungan air laut yang tinggi telah meluluh laantakkan Aceh kala itu.

Untuk mengenang bencana tersebut dibuatlah monumen yang ternyata design bangunan tersebut dibuat oleh Ridwan Kamil pada tahun 2007, saat itu beliau masih menjabat sebagai dosen arsitektur ITB Bandung. Dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono pada 27 Februari 2009.

Bangunan dibuat dengan luas 2.500 meter persegi dan memiliki struktur empat lantai dengan dinding lengkunnya ditutupi relief geometris. Selain menjadi monumen simbolis sekaligus sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat.

10. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Rumah pohon yang terdapat di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. (Foto: Instagram@juzamalia)

Hutan ini berada di Kabupaten Aceh Besar terletak diantara kaki gunung Seulawah Agam dan kaki gunung Seulawah Inong, sekitar 60 kilometer atau kurang lebih satu jam perjalanan darat dari kota Banda Aceh.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di hutan ini dikarenakan pihak pengelola sudah memberikan banyak fasilitas seperti dibangunnya rumah pohon yang bisa dinaiki sekitar 15 orang. Dengan menaiki rumah tersebut kamu bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus.

Untuk yang membawa anak kecil, di sini juga disediakan wahana bermain anak seperti ayunan dan prosotan, ada juga beberapa gazebo di sekitar taman untuk para wisatawan yang merasa kelelahan.

Tak cuma itu, ada juga Air Terjun Tahura di dalam kawasan ini walaupun jaraknya luayan jauh dan melelahkan. Aneka fasilitas outbound seperti flying fox, jembatan tambang serta area perkemahan juga tersedia.

– – –

Nah itu tadi 10 tempat wisata yang tim Travelpolitan sudah pilihkan untuk kamu jika sedang dan ingin berpergian ke Aceh, jadi jangan lupa mampir dan terus jelajahi tempat-tempat wisata di Indonesia yang seru!

Copyright www.travelpolitan.com @2017

Leave a Reply