Travelpolitan.com

5 Momen Paling Keren di Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Aug 19
in Event

Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta sabtu lalu (18-08-2018) meninggalkan banyak jejak histori mengagumkan dan membanggakan bagi kita masyarakat Indonesia sebagai tuan rumah untuk kali kedua pada pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Berikut 5 hal paling keren yang berhasil dirangkum tim Travelpolitan:

#1 Kedatangan Dramatis Presiden Joko Widodo

Tak ayal seluruh penonton yang ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) seketika geger saat melihat momen masuknya Presiden Joko Widodo. Penampilan entrance Presiden yang kerap kita sapa Jokowi pada malam perhelatan akbar tersebut cukup memukau. Bagaimana tidak, dengan mengendarai sepeda motor besar dan mengenakan helm hitam. Dan dengan beberapa akting dan manufer (yang mungkin dilakukan oleh stuntman), Jokowi nampak sangat berbeda dari entrance biasanya.

#2 Tari Ratoeh Jaroe yang Bikin Mulut Menganga

Beranggotakan 1.600 penari dari berbagai penjuru Indonesia, tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Aceh yang cukup kita kenal dengan tingkat kesulitannya yang sangat tinggi ini cukup membuat penonton yang ada di SUGBK takjub dan tak henti-henti meneriakkan ketakjuban mereka terhadap harmonisasi dan kekompakan yang luar biasa dari tarian yang seluruhnya beranggotakan perempuan tersebut.

#3 Panggung berbentuk Pulau dan Gunung yang Jadi Daya Tarik Selama Acara Berlangsung

Mungkin memang bisa dihitung jari Indonesia memiliki acara pesta olahraga spektakuler yang berkelas dunia. Namun menariknya, kesempatan ini dimanfaatkan untuk menunjukkan bahwa kita adalah bangsa besar yang kaya akan kekayaan alam. Oleh itulah dibuat replika atau pulau buatan yang terdiri dari gunung, padang rumput, hutan, dan yang paling menakjubkan adalah air terjun raksasa yang berada di tengah-tengah pulau.

Bukan hanya sekedar dekorasi, struktur yang besarnya hampir memenuhi setengah lapangan tersebut juga mampu digunakan sesuai fungsi pada acara yang sedang berlangsung. Seperti misalnya puncak gunung yang digunakan saat penyalaan api Asian Games berlangsung.

#4 Susi Susanti yang Membuat Gunung di Tengah Stadion Meletus

Bagi sebagian event olahraga berskala internasional, momen penyalaan api adalah momen yang pastinya sangat dinanti-nanti. Beragam cara mulai dari memanah menggunakan anak panah api, hingga terbang-terbang diikat tali dilakukan. Namun pada Asian Games 2018 ini, Indonesia memiliki cara yang berbeda.
Berawal dari obor yang dibawa oleh mantan atlet loncat indah yang telah menyabet emas pada Asian Games 1962, Lanny Gumulya, obor diserahkan bergilir hingga akhirnya jatuh ke tangan Susi Susanti, mantan atlet bulutangkis kesayangan kita yang pernah menyabet medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Di puncak gunung buatan yang ada di tengah lapangan stadion, dengan senyuman manis, ia menyulutkan api pada sudut gunung tersebut hingga akhirnya api besar pun menyala dari puncak gunung, diiringi rentetan kembang api yang hampir tak henti-hentinya menyala.

#5 964 Atlet Indonesia diutus untuk Bertanding

Nampak mengular dan seolah tak ada habis-habisnya, kontingen yang diutus Indonesia untuk bertanding memang merupakan yang paling banyak dari semua negara peserta Asian Games 2018. Dengan Angka yang sebanyak ini, pastinya membuat warga Indonesia berharap bisa meraih banyak kemenangan dan bisa menyabet medali sebanyak-banyaknya. Ayo kita dukung terus para atlet yang sedang berjuang untuk nama besar Indonesia!

Baca juga: Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Copyright www.travelpolitan.com @2017

Leave a Reply