Travelpolitan.com

10 Kuliner Khas Aceh yang Wajib Dicoba

Jul 28
in Aceh
Siapa yang tak mengenal Aceh, propinsi yang terletak di paling barat Negara Indonesia ini ternyata tidak cuma terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga mempunyai banyak sekali ragam kuliner yang lezat. Tak cuma berada di propinsi serambi Mekah itu tetapi dewasa ini restoran Aceh sudah bisa ditemukan di kota-kota lain khususnya di kota besar seperti Jakarta.

Supaya tidak penasaran mari kita simak langsung apa aja sih 10 kuliner khas Aceh yang recommended itu:

1. Mie Aceh

Sumber [image]

Siapa yang tidak mengenal mie ini? mie ini bisa dicicipi dengan dua cara yaitu digoreng dan   direbus dan bisa diolah dengan macam-macam variasi misalkan ditambahkan daging sapi, ayam atau macam-macam seafood. Untuk tingkat kepedasan kamu bisa sesuaikan dengan selesa kamu.

2. Gulai Kambing

Sumber [image]

Bagi pecinta daging kambing, kamu bisa mencoba gurih dan empuknya daging yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya akan membuat sajian ini tersaji sebagai salah satu hidangan istimewa yang begitu lezat.

3. Kuah Piek U

Sumber [image]

Menu ini merupakan perpaduan dari beberapa sayuran dan biasanya disajikan dalam setiap hari besar keagamaan seperti Maulid, Puasa juga Lebaran, dan perayaan acara tradisional, seperti pesta pernikahan, khitanan, dan perayaan acara tradisional lainnya. Namun biasanya juga terdapat di restoran-restoran Aceh.

4. Sate Matang

Sumber [image]

Sebenarnya istilah Matang disini bukan karena dimasak dengan matang, walaupun memang benar-benar sudah matang. Tetapi nama awal sate ini berasal dari daerah Matang Geulumpang Dua kabupaten Bireuen Aceh. Biasanya ada beberapa macam daging yang digunakan mulai dari daging sapi, kambing dan ayam. Yang menarik dari sate ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kuliner warisan dunia yang bersal dari Aceh.

5. Kuah Masam Keu-eung

Sumber [image]

Kuliner ini merupakan salah satu makanan khas Aceh yang rasanya mirip seperti gulai asep padeh dari Padang. Asam Keueng biasanya berasa pedas, asin dan asam serta menggunakan kunyit lebih banyak sehingga warnanya menjadi kekuningan.

6. Ayam Tangkap

Sumber [image]

Tak mau ketinggalan Ayam Tangkap ini juga siap menggoyang lidah kamu. Ayam yang digoreng garing ini penuh bumbu rempah khas kota Serambi Mekah bisa menjamin kamu bakal ketagihan.

7. Kuah Sie Itek

Sumber [image]

Sesuai namanya, kuliner ini berbahan dasar daging itik atau yang sering disebut dengan bebek. Masakan gulai ini berasal dari kawasan Bireun dan sangat dicari oleh para pecinta kuliner yang sedang berkunjung di Aceh. Dengan berbalut bumbu yang begitu khas membuat masakan ini tidak amis.

8. Rujak Aceh

Sumber [image]

Rujak memang menjadi makanan pendamping yang bisa dimakan sepanjang hari. Seperti halnya rujak di kota-kota lain yang dibuat dari bermacam-macam buah-buahan seperti sawo matang, salak, pepaya, mangga, jambu air, ubi jalar, belimbing, nanas, kuini, mentimun dan lain sebagainya. Untuk sambal biasanya ditambahkan asam, gula jawa, terasi dan kacang tanah.

9. Ungkot Kemamah

Sumber [image]

Ini adalah kuliner khas Aceh yang terbuat dari daging ikan tongko yang direbus, kemudian dikeringkan dengan cara diasap, karena ikan menjadi kering dan keras seperti kayu, maka kadang kuliner ini disebut juga Keumamah ikan kayu.Mengenai rasa masakan ini berasa pedas dan berlemak, tetapi lemak bukan berasal dari santai melainkan dari minyak kelapa yang dipakai untuk memasaknya.

10. Martabak Aceh

Sumber [source]

Last but not least, Martabak Aceh. Hal yang membedakan martabak ini dengan martabak telur pada umumnya adalah pada martabak Aceh telurnya dijadikan kulit martabak, bukan isinya.
Mengenai rasa kami akan ketagihan deh.

Gimana menarik kan? Jadi kalau kamu sedang travelling ke Aceh jangan lupa untuk mencicipi kuliner diatas, atau bisa ditemukan di kota-kota besar lainnya.

Copyright www.travelpolitan.com @2017

Comments 1

Leave a Reply