Travelpolitan.com

10 Fakta Menarik tentang Machu Picchu

Image [source]

Adalah sebuah simbol keagungan Kekaisaran Inca yang dibangun sekitar tahun 1450 Masehi, Machu Picchu ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983 dan dinobatkan menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru (New Seven Wonders of the World) pada tahun 2007.

Lokasinya berada 7.000 kaki di atas permukaan laut di pegunungan Andes, Negara Peru. Saat ini Machu Picchu adalah tujuan wisata paling banyak dikunjungi di Negara Amerika latin tersebut.

Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang Machu Picchu:

1. Menurut Bahasa Quechua India, “Machu Picchu” berarti “Puncak Tua” atau “Gunung Tua”.

2. Machu Picchu terdiri lebih dari 150 bangunan mulai dari rumah-rumah penduduk, pemandian, hingga kuil dan tempat-tempat suci.

3. Situs ini terdiri lebih dari 100 anak tangga secara terpisah. Sebagian besar tangga diukir dari satu lempengan batu yang besar.

4. Meskipun banyak batu yang digunakan untuk membangun kota lebih dari 50 kilogram, diyakini bahwa tidak ada roda yang digunakan untuk mengangkut batu-batu ini ke atas gunung. Sebaliknya, diperkirakan ratusan orang mendorong batu-batu berat itu ke sisi gunung yang curam.

5. Banyak teori yang berbeda mengenai tujuan Machu Picchu, sebuah kerajaan dan pusat seremonial rahasia yang hanya mereka yang tahu.

6. Suku Inca adalah salah satu dari para pengrajin batu yang terbaik di dunia. Strukturnya begitu kokoh dibangun dengan Teknik yang disebut Ashlar (batu yang dipotong agar pas bersama tanpa adukan semen) sehingga sambungannya begitu erat hingga kita tidak bisa menyelipkan suatu benda diantara bebatuan.

7. Awalnya Machu Picchu hanya dikenal secara lokal, sampai Profesor Yale Hiram Bingham menemukan kembali situs ini pada tahun 1911 M. Bukunya “The Lost City of Inca” didasarkan pada penemuannya.

8. Perselisihan antara Negara Peru dan Universitas Yale sudah berlangsung lama dan telah ada di atas artefak yang dikumpulkan oleh Bingman selama eksplorasi situs tersebut. Yale berpendapat bahwa mereka memiliki barang tersebut sementara Peru menegaskan bahwa mereka diberi pinjaman.

9. Machu Picchu adalah observatorium astronomi dan batu Intihuatana yang suci secara akurat menunjukkan dua ekuinoks. Dua kali setahun, matahari duduk tepat di atas batu yang tidak menciptakan bayangan.

10. Sayangnya, kebanyakan kota yang dibangun oleh peradaban Inca dihancurkan oleh penaklukan Spanyol. Machu Picchu berada di lokasi yang tersembunyi dan tak terlihat dari bawah. Hal ini menjadikannya salah satu kota Inca yang paling terpelihara dengan baik dan merupakan berlian arkeologi yang sangat berharga.

Leave a Reply